Nostalgia Proyek Luar Negeri Di Timur Tengah|Proyek Bur Views|Proyek Legend Plaza|Proyek ADFC|Proyek KSUR-RTV|Proyek KSUR-BAC|Proyek KAFD-211&212|Proyek KAFD 109

Tuesday 15 May 2012

Proyek Legend Plaza - Dubai UAE

Proyek ini adalah proyek yang kedua tempat penulis bekerja di Luar Negeri, setelah Proyek Burj Views. Proyek ini berada ini pusat kota, tepatnya di Riggat Al Butten Street, yang tidak jauh dari " Clock Tower" Dubai. Seperti halnya proyek Burj Views, perusahaan penulis hanya mengerjakan paket pekerjaan struktur tanpa pekerjaan finshing. Total kontrak kerja senilai 35 juta Dirhams lebih. Main kontraktor di sini adalah Binladin Contracting Group - Dubai, perusahaan penulis sebagai subkon pekerjaan strukturnya. Pekerjaan struktur proyek ini dikerjakan mulai dari pekerjaan Pondasi dengan model Raft Foundation, kemudian dilanjut pekerjaan 3 lantai basement, Ground Floor, Lantai 1 sampai dengan Lantai 18, dimana lantai paling atas (Roof) terdapat kolam renang kecil. Pekerjaan struktur ini dimulai pada awal Mei 2008 dan selesai di bulan Juni 2009 atau kurang lebih 14 bulan. Pekerjaan awalnya dijadwalkan selesai dalam waktu 12 bulan, akan tetapi pada saat mengerjakan kolam renang, banyak mengalami hambatan-hambatan, diantaranya masalah desain MEP itu sendiri yang belum fix ditambah lagi keterlibatan dari pihak "Dubai Government" bidang "Environment" yang cukup memakan waktu yang lama. Namun dengan koordinasi intensif antara tim kami. konsultan dan Dubai Government, akhirnya pekerjaan kolam renang dapat diselesaikan dengan baik. Total luasan lantai proyek ini adalah kurang lebih 23 ribu m2, dimana luasan untuk lantai residential atau pada towernya +/- 800 m2. Proyek ini mengalokasikan pekerja / TKI kurang lebih 175 orang termasuk Mandor, Tukang dan Kenek, stafnya sendiri dalam tim kami sekitar 26 orang. 
Di dalam proyek ini, material pokok seperti besi tulangan dan beton readymix disuplai langsung oleh Binladin, termasuk formwork system juga disewa langsung dari Binladin. Untuk material consumable dan tools dan material lainnya dibeli dari luar proyek. Kendala-kendala dalam proyek ini tidak terlalu banyak ditemui, suplai beton cukup lancar, delivery material besi pun juga begitu. Untuk peralatan besar seperti Tower Crane, Generator set, Bobcat/Shovel dan Passenger Hoist sudah disediakan oleh Binladin dengan free of charge. Fasilitas pengadaan Direksi Keet, mushola dan site store juga disediakan, hanya saja tenaga pemasangannya dari pihak kami sendiri. Mengingat lokasi proyek yang berada di tengah kota, sehingga memungkinkan para staf tim kami pulang dari kerja dapat langsung mampir ke tempat-tempat perbelanjaan maupun ke tempat rumah makan khas Dubai. Dan juga dekat dengan akses untuk angkutan umum seperti taksi dan bis kota sehingga pada saat menjelang penulis cuti kerja pulang ke tanah air, dapat dengan mudah berbelanja keperluan oleh - oleh.


Tampak gambar disamping ini adalah pekerja proyek dari tanah air dengan ciri khas seragam abu-abu coklat yang sedang mengikat pemasangan besi slab, struktur slab di proyek ini memakai post tension dengan jarak 1,5 m, seperti tampak di gambar ada pipa aluminium pipih sebagai selongsong kabel post tension yang dipasang di antara besi layer bawah dan atas. Pemasangan post tension dilakukan juga oleh pekerja dari perusahaan penulis.

No comments:

Post a Comment